Sabtu, 20 Februari 2010

Prospek Ternak Kelinci Cerah

BANTUL – Pedagang sate kelinci sekarang ini sedang merambah di seluruh plosok kota, sehingga permintaan pasar daging kelinci selalu melambung. Untuk memenuhi harus didatangkan dari luar Yogya.

Daging kelinci ras Rp 30ribu/kg, lokal Rp 25-30 ribu/ekor. “Untuk kelinci flemgiant beratnya bisa 8 kg, jadi bayangkan berapa harga satuannya,” tutur Mohayat Ketua Paguyuban Peternak Kelinci “Setyo Manunggal,” pada N-News (1/8.)

Perawatan kelinci sangat gampang, hanya tergantung kebersihan kandang dan pemberian pakan dan konsentrat yang berimbang.

Ada tujuh alasan berternak kelinci : daging kelinci laku dipasarkan, bulu dan kulitnya laku dijual, biaya pakan murah, perawatan mudah, tidak perlu lahan luas, cepat berkembangbiak, serta kotoran (feses dan air seni) bisa dijual sebagai pupuk organik.

Dalam satu tahun kelinci bisa berkembangbiak sebanyak 24 ekor. Harga sepasang kelinci flemgiant ungulan Rp.125 ribu, siap berkembangbiak. Induknya yang bagus menentukan keturunan berikutnya.

Jika Anda ingin belajar berternak kelinci hias ataupun potong dapat menghubungi Mohayat di desa Gubug Argosari Sedayu Bantul Yogyakarta, Telepon 0274-7455535, 081227330003


Tidak ada komentar:

Posting Komentar